Kamis, 17 Januari 2013

Ini Dia Calon Dirjen Di KESDM


10 Januari 2013 | 14.06

 
Posisi beberapa pejabat eselon I di Kementrian ESDM sedang lowong karena pejabat terkait sudah memasuki masa pensiun. Beberapa nama kabarnya sudah dipilih dan diserahkan ke Sekretaris Kabinet menunggu disahkan oleh Tim Penilai Akhir (TPA) yang dikepalai oleh Presiden. 

Posisi yang sedang lowong tersebut yakni Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Dirjen Migas sebelumnya, Evita Legowo sudah memasuki masa pensiun sejak akhir November 2012 lalu, demikian juga dengan Dirjen EBTKE, Kardaya Warnika yang sejak Agustus sudah masuk masa purna tugas.

Selain Dirjen Migas dan EBTKE, pejabat eselon I yang juga akan memasuki masa pensiun adalah Dirjen Mineral dan Batubara (Minerba) Thamrin Sihite yang masuk usia pensiun pada Januari 2013 ini serta Sekretaris Jenderal Kementrian ESDM, Waryono Karno, yang juga masuk usia pensiun bersamaan dengan Thamrin Sihite.

Nama-nama pejabat eselon I di Kementrian memang sepenuhnya wewenang TPA yang terdiri dari Presiden, Wakil Presiden, Menteri Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi, BKN, Sekretaris Kabinet, Sekretariat Negara dan Kementrian ESDM. Namun beberapa nama santer beredar di kalangan wartawan dan lingkaran dalam Kementrian ESDM.

Berikut beberapa nama yang santer disebut mengisi posisi eselon I di Kementrian ESDM:
Untuk posisi Dirjen Migas, akan diisi oleh A. Edy Hermantoro. Edy kini menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Migas dan Gas Bumi dan juga sebagai pejabat sementara Dirjen Migas, setelah Evita pensiun, sebelum ada penggantinya.

Ada juga nama lain seperti Heri Poernomo, yang kini menjabat sebagai Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi, ada pula beberapa nama lain yang bukan berasal dari luar lingkungan Dirjen Migas. Namun salahs eorang sumber majalah Tambang di Kementrian ESDM mengatakan, kemungkinan besar yang akan dipilih adalah A. Edy Hermantoro.

Sementara untuk Dirjen Minerba, beberapa nama banyak dibicarakan, untuk menggantikan posisi Thamrin Sihite. Ada R. Sukhyar, yang kini menjadi Kepala badan Geologi, Kementrian ESDM. Ada juga yang menyebut Bambang Gatot Aryono, yang kini menjabat sebagai Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral. Namun ada juga yang menyebut, masa pensiun Thamrin akan diperpanjang, sehingga ia akan tetap menjabat sebagai Dirjen Minerba. 

“Sepertinya, Bambang Gatot yang akan jadi Dirjen Minerba,” demikian ungkap Sumber majalah Tambang.

Sementara untuk Dirjen EBTKE, ada nama Djadjang Sukarna yang kini menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi yang juga saat ini menjadi pejabat sementara Dirjen EBTKE, setelah Kardaya Pensiun. “sebenarnya ada juga nama perempuan, kandidat Dirjen EBTKE, tetapi saya lupa,” ujar sumber yang ngga mau dikutip namanya itu.

Untuk Posisi Sekretaris jenedral Kementrian ESDM, kemungkinan besar masih akan dipegang waryono Karno, karena masa pensiunnya akan diperpanjang hingga satu tahun ke depan.

Yang menarik, menurut Sumber itu lagi, posisi Dirjen di kementrian ESDM yang biasanya akrab dengan alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) kali ini tidak akan ditempati oleh alumnus kampus Ganesha tersebut. 

“Posisi Dirjen tahun ini akan diisi oleh geng UPN” pungkas sang sumber. []

http://www.tambang.co.id/detail_berita.php?category=18&newsnr=6526

Tidak ada komentar:

Posting Komentar